FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    24 01-2022

    2048

    Tingkatkan Kualitas Amatir Radio Lewat Pertemuan Lokal

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Banjarbaru, Kominfo - Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika mendorong peningkatan kualitas amatir radio melalui pertemuan lokal.

    Kepala Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio Klas II Banjarmasin, Mujiyo menyatakan peningkatan kualitas amatir radio memiliki arti penting agar bisa menjalankan kegiatan sesuai dengan aturan yang berlaku.

    "Untuk bisa menjadi Amatir Radio yang berkualitas, maka seorang amatir radio harus memiliki pengetahuan, ketrampilan teknik radio dan elektronika yang baik serta tentunya memiliki ketrampilan berkomunikasi yang baik dan benar sesuai aturan-aturan yang telah ditetapkan dalam amatir radio," tuturnya dalam  acara Peningkatan Kualitas Anggota Amatir Radio dan  Calon Anggota ORARI di Asrama Haji Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Minggu (23/01/2022).

    Mujiyo mengapresiasi acara yang diselenggaraakan ORARI Daerah Kalimantan Selatan (ODKS).  Menurutnya pertemuan lokal akan bisa dimanfaarkan untuk pengenalan dan pembekalan sekaligus pelatihan.

    "Sebuah kegiatan pelatihan ataupun pembekalan bagi calon Amatir Radio dan Amatir Radio menjadi suatu hal yang perlu dilaksanakan. Dan sangat kebetulan sekali, pelatihan tersebut kini akan diselenggarakan oleh pengurus ORARI Daerah Kalimantan Selatan," ungkapnya.


     

    Ketua ORARI Pusat Doni Imam Priambodo menyatakan Program ODKS Improve Quality Member yang digelar sebelum penyelenggaraan Ujian Negara Amatir Radio (UNAR) akan menjadi bekal dan pengetahuan teknis serta organisasi.

    "Anggota ORARI yang baru nantinya tahu tata cara komunikasi yang benar,  tahu band plannya pita frekuensi yang digunakan," ujarnya

    Menurut Doni, ORARI Pusat akan melncurkan aplikasi ORARI Digital yang salah satu fungsinya untuk memberikan layanan E-KTA.

    "Papan nama callsign yang bisa didownload, penyampaian surat atau dokumen melalui aplikasi  dan lain lain.Sehingga pelayanan bisa lebih cepat dan mudah diakses anggota," jelasnya.

    Ketua ODKS Ahmad Yani, mengatakan peningkatan kualitas anggota Orari telah menjadi program kerja kegiatan ODKS.

    "Kegiatan ini telah dilaksanakan secara bertahap, karena masih dalam situasi pandemi covid-19. Saya berharap juga dilaksanakan jajaran Orlok-orlok dengan memanfaatkan acara-acara pertemuan anggota," ungkapnya.

    Menurut Ahmad Yani dalam setiap pertemuan lokal akan bisa disampaikan mengenai materi dan cara berkomunikasi lewat radio dengan baik.

    "Saat itulah dapat disampaikan mater-materi sedherhana misalnya tata cara komunikasi yang baik dan benar, kemudian dibahas bersama supaya anggota amatir radio taat pada aturan yang digunakan. Hal ini bisa dilaksanakan mengingat keterbatasan di Orlok-orlok." jelasnya.

    Acara bertema One Day ODKS Improve Quality Member 2022 itu diisi Lomba ATARI (Asah Terampil Amatir Radio),  Fixed Fox Hunting (Slalom Test Antenna) serta silaturrami Anggota ORARI Daerah Kalsel dengan Ketua Umum ORARI Pusat Periode 2021-2026.

    Berita Terkait

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    Kolaborasi Kominfo-DWP Tingkatkan Literasi Digital Perempuan

    Perempuan memilki kesempatan berwirausaha melalui e-commerce, hingga memberikan kesempatan bagi perempuan dan pasangannya menyeimbangkan kar Selengkapnya

    Tingkatkan Kualitas Layanan, Kominfo Perkuat Kompetensi Petugas Loket MoTS

    Kementerian Kominfo komit untuk memberikan solusi penggunaan frekuensi radio bagi nelayan dan pelaku usaha di sektor perikanan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA