FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 01-2022

    2892

    Menteri Johnny: Kominfo Tambah Bandwith dan Siapkan 5G Experience dalam MotoGP Mandalika 2022

    SIARAN PERS NO. 19/HM/KOMINFO/01/2022
    Kategori Siaran Pers
    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate - (AYH)

    Siaran Pers No. 19/HM/KOMINFO/01/2022

    Jumat, 21 Januari 2022

    Tentang

    Menteri Johnny: Kominfo Tambah Bandwith dan Siapkan 5G Experience dalam MotoGP Mandalika 2022 

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan Pemerintah menyiapkan 4G sebagai tulang punggung dan 5G experience selama MotoGP berlangsung. Hal itu menurutnya sebagai bagian dari dukungan sektor infrastruktur telekomunikasi untuk menyukseskan perhelatan olahraga MotoGP Mandalika 2022. Bahkan, Kementerian Kominfo juga menambah bandwith serta menyiapkan show case 5G.

    “Pasti saat ini 4G akan menjadi tulang punggung komunikasi, tetapi kita juga menyiapkan untuk 5G experience. Disamping Telkomsel, XL dan Indosat Ooredoo pun sudah siap untuk 5G experience,” ujarnya dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022 yang berlangsung secara daring dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta Pusat, Jumat (21/01/2022).

    Menurut Menkominfo cakupan layanan baik 4G maupun 5G akan disediakan di beberapa lokasi strategis seperti berkumpulnya insan media, akomodasi, security, international airport dan venue sirkuit MotoGP Mandalika. 

    “Di kawasan Mandalika kami siapkan dan kami akan jaga dengan baik. Juga disiapkan untuk Telkom milimeter wave untuk show case demo 5G spektrum tinggi 26 dan 28 GHz. Itupun kita siapkan untuk mereka menyiapkan 5G experience,” ujarnya. 

    Sedangkan untuk penyelenggara telekomunikasi XL Axiata juga akan show case 5G dengan teknologi fixed wireles access dan immersive extended reality berupa virtual racing. 

    “Ada banyak nanti 5G yang ditempatkan di Mandalika untuk experience-nya memanfaatkan virtual reallity itu bisa nanti disaksikan. Pada intinya kerjasama antara Kominfo dengan operator seluler maupun dengan operator fiber optic kita koordinasikan terus menerus,” jelas Menteri Johnny. 

    Uji Coba

    Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna telekomunikasi, Kementerian Kominfo menyiapkan spektrum tambahan agar penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 berlangung dengan baik.

    “Saya diinformasikan bahwa akan ada 110 ribu pengunjung ke Mandalika, berarti traffic bandwidth-nya tinggi. Kita harus menyiapkan bandwidth yang cukup agar speed upload dan download internetnya juga lancar,” jelas Menkominfo. 

    Menurut Menteri Johnny, rata-rata penggunaan kapasitas internet paling rendah antara 2-3 Mbps kecepatan harus disiapkan. Saat ini, Kementerian Kominfo telah mengukur ketersediaan di wilayah Mandalika di atas 10 Mbps.  

    “Tapi pada saat banyak orang datang pasti akan berpengaruh. Sehingga di saat perlombaan setiap orang butuh layanan internet, maka layanan ini akan kita jaga dengan baik sehingga 4G dan 5G kita siapkan di area masif,” paparnya.

    Menkominfo menyatakan dalam penyelenggaraan MotorGP Mandalika yang akan berlangsung pada tanggal 18-20 Maret 2022 mendatang, bersama Komandan Lapangan MotoGP Mandalika akan melakukan uji coba pada tanggal 11 s.d. 13 Februari 2022. Menurutnya, hal itu dilakukan untuk mengantisipasi lonjakan pengunjung. 

    “Ada 100 ribu pengunjung ke Mandalika, tadi Pak Hadi (Komandan Lapangan MotoGP Mandalika) sampaikan bahwa akomodasi harus diusahakan sebisa mungkin. Jadi Menteri Parekraf kerjasama dengan pemerintah daerah sudah menyiapkan yang pertama adalah sarana hunian pariwisata,” ujarnya.

    Selain hunian untuk wisatawan, kebutuhan lain yang difasilitasi adalah kawasan camping ground, sarana transportasi ke tiga gili di Mandalika, penginapan di Pulau Bali dan akomodasi ke Labuan Bajo jika ada animo pengunjung. 

    “Kemudian ada juga kapal Pelni yang ditempatkan di Mandalika, 300 homestay telah dibangun untuk mendukung Mandalika dan persiapan-persiapan lainnya. Kita harapkan persiapan yang matang di bawah komando Pak Hadi sampai saat ini semuanya berjalan dengan baik, mudah-mudahan tidak ada hambatan,” jelas Menteri Johnny. 

    Dari sisi protokol kesehatan Covid-19, Pemerintah juga berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat untuk mengejar target vaksinasi dosis pertama dan dosis kedua. 

    “Vaksin saat ini dosis pertamanya sudah 70% lebih dan dosis keduanya 61%. Kita masih punya cukup waktu untuk melakukannya. Karenanya kolaborasi dengan banyak pihak untuk melakukan vaksin keliling untuk meningkatkan vaksinasi,” ungkap Menkominfo.

    Dalam Forum Koordinasi Media Peliputan MotoGP 2022, Menkomifo Johnny G. Plate didampingi Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong, Komandan Lapangan MotoGP Mandalika 2022 Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto. Hadir secara daring direktur utama dan pemimpin redaksi media massa di Indonesia. 

    Biro Humas Kementerian Kominfo
    e-mail: humas@mail.kominfo.go.id
    Telp/Faks : 021-3504024
    Twitter @kemkominfo
    FB: @kemkominfo
    IG: @kemenkominfo
    website: www.kominfo.go.id

    Berita Terkait

    Siaran Pers No. 238/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Jadi Tuan Rumah, Menteri Budi Arie: Komitmen Indonesia Perkuat Kolaborasi Kelola Isu Air

    Terpilihnya Indonesia merupakan suatu bentuk kepercayaan dari masyarakat internasional atas kepemimpinan dan juga komitmen Indonesia dalam i Selengkapnya

    Siaran Pers No. 237/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wujudkan Visi Indonesia Digital 2045, Pemerintah Dorong Riset Ekonomi Digital

    Wamenkominfo menekankan arti penting peningkatan perlindungan merek terhadap produk yang dihasilkan dan perlindungan paten terhadap inovasi Selengkapnya

    Siaran Pers No. 236/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Menkominfo Tantang Media Adopsi Perkembangan Teknologi

    Menkominfo menyatakan perkembangan dunia digital telah mendorong media berinovasi dan menghadirkan cara-cara baru dalam menyajikan berita. Selengkapnya

    Siaran Pers No. 235/HM/KOMINFO/03/2024 tentang Wamenkominfo: Ekonomi Digital Ciptakan 3,7 Juta Pekerjaan Tambahan pada 2025

    Kehadiran ekonomi digital menciptakan berbagai peluang pekerjaan baru yang diperkirakan mencapai 3,7 juta pekerjaan tambahan pada Tahun 202 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA