FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 01-2022

    2217

    Tautan Penerima BLT UMKM Januari 2022, Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta Pusat, Kominfo - Beredar konten unggahan di media sosial Facebook berisi informasi mengenai bantuan dari Pemerintah berupa uang tunai Rp1,2 juta. Konon, dalam informasi itu disertai instruksi agar masyarakat memastikan bahwa namanya terdaftar sebagai penerima BLT UMKM dengan mengklik sebuah tautan tertentu. Informasi tersebut diunggah pada 6 Januari 2022.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta dari antaranews.com, tautan yang tersebar di Facebook itu dipastikan hoaks. Sebab, belum ada pengumuman resmi dari Kementerian Koperasi dan UKM terkait kelanjutan pemberian BLT UMKM pada 2022. Saat ini, Kemenkop UKM masih menunggu keputusan dari Kemenkeu terkait anggaran Program BLT UMKM 2022.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Kamis (06/01/2022):

    Berita Terkait

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    File Undangan Pemilu DPT Lewat WA, Awas Hoaks!

    File undangan pemilu DPT tersebut merupakan penipuan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA