FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    03 01-2022

    2246

    [HOAKS] Peringatan Gempa Bumi Berkekuatan 8-9 SR pada 1 - 3 Januari 2022 karena Persilangan Posisi Planet

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar sebuah informasi pada media sosial Twitter sebuah peringatan gempa bumi berkekuatan 8 hingga 9 SR yang disebabkan oleh persilangan posisi planet pada 1 - 3 Januari. Narasi tersebut juga disertai dengan sebuah gambar ilustrasi yang menunjukkan posisi planet-planet yang bersilangan, yakni planet Neptunus, Jupiter, Mars, Merkurius, Uranus, Venus, dan Bumi.

    Setelah ditelusuri, narasi tersebut sudah beredar sejak lama. Hasil penelitian oleh Badan Survei Geologi Amerika Serikat (USGS) menyatakan bahwa perubahan maupun persilangan posisi planet tidak berpengaruh terhadap gelombang seismik di bumi. Dilansir dari situs resmi MAGMA Indonesia, gelombang seismik merupakan gelombang atau rambatan energi yang disebabkan oleh patahan pada lapisan bumi. Gempa bumi umumnya terjadi karena pergerakan lempeng tektonik atau karena letusan gunung api bawah laut. Dengan demikian, narasi yang diunggah pada media sosial Twitter tersebut dapat dikategorikan konten menyesatkan.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    Berita Terkait

    [HOAKS] Kondisi Kejiwaan Menhan Prabowo Subianto Terganggu karena Tertekan Suatu Masalah

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Gempa Berkekuatan 10,9 Magnitudo Guncang Wilayah Provinsi Jawa Tengah dan Sebabkan Kabupaten Pangandaran Tamat

    Selengkapnya

    [HOAKS] Gempa Berkekuatan 10,9 Magnitudo Hancurkan Ribuan Rumah di Kota Kupang

    Selengkapnya

    [HOAKS] Gempa Bumi Berkekuatan 10,1 Magnitudo Mengguncang Provinsi Aceh pada Maret 2024

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA