FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 10-2021

    3049

    Ada Uang Koin 100 Ribu Tahun 2021? Itu Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta Pusat, Kominfo – Unggahan video yang menayangkan uang pecahan Rp100.000 dalam bentuk koin beredar di media sosial TikTok. Konon, dalam unggahan itu dijelaskan uang koin itu merupakan terbitan tahun 2021.

    Koin berwarna emas yang ditampilkan dalam unggahan tersebut tampak terdapat lambang garuda dengan keterangan tahun 2021-2030 dan terdapat tulisan Bank Indonesia.

    Bahkan, pengunggah juga menarasikan uang keluaran tahun 2021 tersebut diterbitkan oleh Bank Indonesia dalam video tersebut.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika, menemukan informasi dari Direktur Komunikasi Bank Indonesia Junanto Herdiawan. Menurutnya, informasi dalam video itu tidak benar.

    Bank Indonesia diketahui memang sempat menerbitkan uang khusus Rp100.000. Namun uang tersebut telah dicetak pada tahun 1974 dan kini tak lagi berlaku.

    Berikut laporan isu hoaks, misinformasi dan disinformasi yang telah diidentifikasi Tim AIS Kementerian Kominfo, Minggu (17/10/2021):

    [HOAKS] Pecahan Uang Koin Rp100.000 Tahun 2021

    [HOAKS] Pilot Pesawat Delta Air Lines Meninggal setelah Divaksinasi Kedua di Tengah Penerbangan

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Kemitraan Pertamina

    [HOAKS] Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Blora Jawa Tengah

    Berita Terkait

    Gempabumi Magnitudo 9,8 Guncang Labuan Bajo? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Tak Perlu Pasang Ring, Cukup Ramuan Bawang Putih? Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta ternyata klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SE BI Tak Layani Tukar Uang Baru, Itu Hoaks!

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta, klaim tersebut tidak benar. Selengkapnya

    Detik-detik Jembatan Suramadu Ambruk, Itu Hoaks!

    Faktanya, klaim Jembatan Suramadu ambruk ditabrak kapal kargo adalah tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA