FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 09-2021

    1488

    Dirjen IKP: Pelaku UMKM Gorontalo Harus Mampu Memanfaatkan Ruang Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Usman Kansong mendorong agar pelaku UMKM di Provinsi Gorontalo harus mampu mengemas produknya dengan memanfaatkan ruang digital.

    "Platform dagang daring (dalam jaringan) saat ini banyak digunakan oleh lapisan masyarakat khususnya di masa pandemi Covid-19," ujar Dirjen Usman Kansong saat menerima kunjungan Tim Seleksi Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Gorontalo di Kantor Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (22/09/2021).

    Dalam rangka mendukung pemanfaatan ruang digital bagi UMKM tersebut, Dirjen Usman Kansong menyatakan Kementerian Kominfo telah melaksanakan program Digital Talent Shcolarship (DTS) di Gorontalo yang diarahkan bagi pelaku UMKM. "Dengan tujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia Indonesia yang bertalenta digital," tandasanya.

    Dalam pertemuan itu, Tim Seleksi KPID Gorontalo memberikan jaket Karawo khas Gorontalo kepada Dirjen IKP Kementerian Kominfo. Dirjen Usman Kansong, mengaku senang dan bangga mengenakan jaket Karawo khas Gorontalo. Karawo adalah sulaman tangan yang merupakan salah satu produk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM).

    “Saya senang mengenakan jaket dengan sulaman Karawo khas Gorontalo ini. Kami siap membantu mempromosikan Karawo untuk mendukung tumbuhnya UMKM Gorontalo,” ungkapnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika Provinsi Gorontalo, Masran Rauf menjelaskan Pemerintah Provinsi Gorontalo terus mempromosikan Karawo dan produk UMKM lainnya dalam setiap kegiatan, baik berskala regional, nasional, bahkan hingga internasional. Dikatakannya, upaya tersebut untuk mendukung visi Gubernur Rusli Habibie untuk lebih menduniakan Karawo.

    “Pertemuan Timsel KPID Gorontalo dengan Dirjen IKP kami jadikan sebagai momentum untuk sekaligus mempromosikan Karawo,” ujarnya.

    Sebagai salah satu produk UMKM, saat ini  sulaman Karawo tidak lagi hanya sebatas ada pada pakaian jadi. Pelaku UMKM berinovasi dan melakukan terobosan dengan membuat sulaman Karawo pada jilbab, masker, tas, dan produk lain.

    Berita Terkait

    Kominfo Fasilitasi Pelaku UMKM dari 15 Kawasan Prioritas

    Kementerian Kominfo akan mendampingi secara intensif 100 pelaku UMKM yang sudah memiliki kemampuan digital dalam memasarkan produk. Selengkapnya

    Kominfo Latih Pelaku UMKM Aceh Besar Keterampilan Pemasaran Digital

    Pelatihan DEA terselenggara atas kerjasama Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Aceh Besar dengan BBPSDMP (Balai Besar Balai Besar Pen Selengkapnya

    Menkominfo Ajak Pers Manfaatkan Transformasi Digital sebagai Peluang

    Kemajuan teknologi ini baru bisa dimanfaatkan jika insan pers memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan perkembangan yang ada dengan menin Selengkapnya

    Pers Harus Siap Hadapi Tantangan Era Disrupsi Digital

    Menteri Johnny menyatakan tiga tantangan itu meliputi kecepatan mentransmisikan konten digital sesuai ekspektasi audiens; antisipasi penyeba Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA