FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    16 02-2021

    2245

    Butuh Strategi Komprehensif Agar Pariwisata Tetap Tumbuh di Tengah Pandemi

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Jakarta, Kominfo - Strategi komunikasi publik yang disusun secara komprehensif perlu dirumuskan seluruh pemangku kepentingan sektor pariwisata. Menurut Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika Widodo Muktiyo, hal itu dibutuhkan agar pengunjung yang datang dapat memahami pentingnya menerapkan protokol kesehatan (Prokes) ketika mengunjungi suatu situs destinasi pariwisata.

    "Inilah yang saya kira menjadi hal penting. Jadi harus kita komunikasikan supaya dari sisi government dan industri itu tetap berjalan maksimal," ujarnya dalam diskusi virtual dari Jakarta, Selasa (16/02/2021).

    Menurut Dirjen Widodo, kolaborasi antara seluruh pemangku kepentingan diperlukan guna menciptakan prosedur yang tepat bagi para pelaku pariwisata di tengah pandemi saat ini.

    "Dengan begitu, penularan virus COVID-19 dapat diantisipasi secara optimal oleh berbagai lembaga terkait. Dari komunikasi publik masyarakat jadi paham bagaimana mengikuti Prokes yang ketat untuk bisa menjalani proses kita wisata," katanya.

    Dengan melakukan hal di atas, Dirjen IKP meyakini, pariwisata sebagai pendongkrak perekonomian Indonesia dapat segera dibangkitkan kembali dari dampak negatif wabah. Sehingga, pertumbuhan ekonomi dalam negeri dapat merangkak naik pada tahun-tahun berikutnya.

    Dalam membangkitkan sektor pariwisata dalam negeri, lanjut Dirjen Widodo, pemerintah telah menerbitkan banyak kebijakan yakni insentif, diskon pajak, hingga memberikan subsidi kepada para pelaku industri pariwisata dalam negeri dalam beberapa waktu lalu. "Kita melakukan pemberian insentif pajak kepada hotel dan restoran termasuk juga subsidi," ujarnya.

    Dirjen IKP berharap, dengan bantuan dari pemerintah ke berbagai pelaku industri pariwisata dapat mengembangkan industri pariwisata dalam negeri. Dengan cara, mampu beradaptasi dengan aturan yang diterbitkan pemerintah yakni taat prokes ketika melakukan aktivitas di atas.

    "Mari kita sambut dengan antusias. Kita kembangkan protokol kesehatan untuk bisa kita menjalankan aktivitas wisata," pungkasnya.

    Sumber: infopublik.id

    Berita Terkait

    Ini Strategi Kominfo Cegah Generasi Muda Terjebak TPPO

    Kementerian Kominfo menjalankan peran yang berkaitan dengan upaya menghadapi modus penipuan melalui media daring melalui media sosial atau m Selengkapnya

    Ubah Perilaku Masyarakat, Peran Penting Pers dalam Penanganan Pandemi

    Peran media atau pers sangat penting dalam penanganan Covid-19 yang saat ini tengah dilakukan oleh berbagai pemangku kepentingan. Menurut Di Selengkapnya

    Perkuat Strategi Komunikasi, Kominfo Terbitkan Petunjuk Teknis Pengelolaan Komunikasi

    Di tengah pandemi Covid-19, soliditas dan kerukunan masyarakat sangat ditentukan dari pola komunikasi yang digulirkan Pemerintah. Direktur J Selengkapnya

    Tandoku Shorinji Kempo Virtual, Terobosan Baru di tengah Pandemi

    Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali memberikan dukungan dan apresiasi atas cabang olahraga Shorinji Kempo agar dapat dipertandingkan Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA