FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    09 02-2021

    1348

    "Kado" HPN 2021, Pemerintah Siapkan 5 Ribu Vaksin untuk Wartawan

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyebutkan lima ribu vaksin yang akan diberikan kepada awak media menjadi kado di Hari Pers Nasional 9 Februari 2021. Sebelumnya, Presiden Joko Widodo pada peringatan HPN di Istana Negara menargetkan vaksinasi untuk insan pers dilakukan akhir Februari hingga awal Maret mendatang.   

    “Saya kira kita perlu berterima kasih kepada Bapak Presiden yang mempunyai perhatian secara khusus juga, jadi ini saya kira kado ulang tahun atau kado Hari Pers Nasional,” ujarnya dalam program Prime Talk Metro TV, dari Jakarta, Selasa (09/02/2021) malam.

    Menurut Menteri Johnny kebijakan keberpihakan itu selain mengutamakan awak media sebagai garda informasi penanganan Covid-19, juga sekaligus mengajak ekosistem industri pers melakukan vaksinasi lebih awal sesuai dengan keputusa Presiden RI. 

    "Selain insan media, Pemerintah melalui institusi fiskal yakni Kementerian Keuangan juga telah menyiapkan kepada 7 sektor lainnya yang diberikan vaksinasi. Dan sebagian itu saya kira sudah diberikan, barangkali setelah ini justru pendekatan yang lebih aktif dari media yang perlu,” jelasnya.

    Menteri Kominfo menegaskan bahwa pada prinsipnya kebijakan keberpihakan mengenai vaksinasi sudah menjadi perhatian serius pemerintah.  “Sudah dilaksanakan bahkan, jadi tidak ada masalahnya. Apalagi Bapak Presiden mengingatkan untuk berkomunikasi lebih aktif dan lebih intens dengan otoritas fiskal kita,” tandasnya.

    Presiden, kata Menteri Johnny menekankan topik utama dalam memperingati HPN 2021 adalah melihat tantangan industri media terhadap Covid-19 dan disrupsi teknologi. “Ini adalah dua hal yang juga diaddres secara baik oleh Bapak Presiden,” ujarnya.

    Menteri Johnny kemudian menyontohkan wacana publisher right yang nantinya pembahasannya akan melibatkan insan pers, termasuk menempatkan regulasi yang lebih memungkinkan playing field yang sama, konvergensi media antara media konvensional dengan the new e-commerce over the top yang sangat agresif dan dibutuhkan masyarakat.

    Playing field yang seimbang dan sebanding ini nanti akan dibicarakan lebih lanjut, mudah-mudahan dari rekan-rekan pers dan media, dari asosiasi Dewan Pers, PWI (Persatuan Wartawan Indonesia) lebih proaktif untuk kita bicarakan,” imbuhnya.

    Berita Terkait

    Awas Hoaks! Pemerintah Akan Berikan Tambahan BPNT Tahap 2

    Kemensos RI memberikan klarifikasi melalui akun Instagram resmi @kemensosri, ternyata tidak pernah membuat tautan terkait pendaftaran maupun Selengkapnya

    Awas Hoaks! Elderberry Gantikan Vaksin Influenza

    Dari 10 vaksin influenza yang disahkan tidak ada satu pun yang mengandung aluminium. Selengkapnya

    Kominfo Luncurkan Simphoni, Sistem Informasi untuk Pranata Humas

    Kemudahan yang ditawarkan Simphoni adalah terintregasinya layanan pembinaan Jabatan Fungsional Pranata Humas (JFPH) ke dalam satu sistem yan Selengkapnya

    Kominfo Bagikan 5 Ribu Set Top Box untuk Warga Miskin Buleleng

    Bagi masyarakat yang mampu untuk membeli Set Up Box, Kementerian Kominfo juga menjamin kestabilan harga STB pada rentang harga yang terjangk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA