FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 01-2021

    1801

    Temu Virtual dengan Menteri Singapura, Menkominfo Bahas Penguatan Kerja Sama

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate membahas agenda penguatan kerja sama bilateral dengan Singapura megenai pelindungan data pribadi, talenta digital dan konektivitas wilayah.

    "Prakarsa peningkatan kerja sama ini. Nota Kesepahaman ini juga diharapkan dapat merefleksikan prinsip-prinsip nasional Indonesia, terutama yang terkait dengan pelindungan data pribadi yang akan tercakup dalam Undang-Undang Pelindungan Data Pribadi," tuturnya usai pertemuan bilateral dengan Menteri Komunikasi dan Informasi Singapura, S. Iswaran, di sela Agenda Pertemuan Menteri Digital ASEAN atau ASEAN Digital Ministers' Meeting (ADGMIN) secara virtual dari Jakarta, Kamis (21/01/2021).

    Selain pelindungan data, kedua menteri juga membahas isu pertukaran data lintas batas negara (cross-border data flow). Menurut Menteri Kominfo, isu tersebut perlu dibahas secara komprehensif, mengingat pertukaran data ini dapat mendorong perkembangan sektor ekonomi yang lebih masif.

    "Sebagai gambaran, kebijakan yang lebih pasti terkait pertukaran data lintas batas negara akan mendukung ekspansi perusahaan dan Indonesia ke negara ASEAN lainnya," jelasnya.

    Menteri Johnny menekankan kerangka kerja sama yang lebih kongkret dengan menjunjung tinggi kedaulatan data. "Karenanya, kita perlu membahas kerangka atau protokol kerja sama pertukaran data ini yang lebih konkret, yang menjunjung tinggi prinsip lawfulness, fairness, transparency dan juga prinsip reciprocity," paparnya.

    Pertemuan itu, menurut Menteri Kominfo RI diinisiasi Menteri Kominfo Singapura. "Pertemuan itu atas inisiatif Menteri Iswaran," ujar Menteri Johnny.

    Menteri Kominfo mengungkapkan nota kesepahaman antara Singapura dan Indonesia nantinya juga akan mencakup kerja sama pengembangan talenta digital di dua negara. 

    "Nota Kesepahaman ini akan dibahas lebih lanjut secara internal Kementerian Kominfo dan juga dengan kementerian dan lembaga terkait lainnya, seperti Kementerian Luar Negeri," ungkapnya.

    Selain itu, Menteri Johnny juga membahas mengenai deployment jaringan 5G. Menurutnya, keberadaan jaringan 5G ini akan semakin memperkuat upaya Pemerintah Indonesia dalam meningkatkan konektivitas nasional dalam rencana besar transformasi digital. 

    "Dalam dua tahun ke depan, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan operator seluler untuk menghadirkan jaringan 4G di seluruh desa/wilayah di Indonesia," ungkapnya. 

    Berita Terkait

    Lantik 88 PPPK dan 12 Jafung, Kominfo Targetkan Peningkatan Kinerja dan Kompetensi

    Kepala BKO Setjen Kementerian Kominfo meminta seluruh pegawai yang baru dilantik terus aktif meningkatkan kompetensi dan mengubah mindset Selengkapnya

    [Berita Foto] Kunjungan Kerja di Barcelona Berakhir, Menkominfo Kembali ke Tanah Air

    Menkominfo telah menyelesaikan beberapa agenda utama, di antaranya pertemuan dengan Sekretaris Jenderal International Telecommunication Unio Selengkapnya

    [Berita Foto] Tiba di Barcelona, Menkominfo Mulai Lawatan ke Spanyol

    Dalam lawatan ke Spanyol, Menteri Budi Arie akan menghadiri Mobile World Congress (MWC) 2024. Selengkapnya

    Siapkan ASN Adaptif, Kominfo Latih PPPK Jadi Talenta Terbaik

    Perkembangan transformasi digital membutuhkan peningkatan hard skill maupun soft skill agar cepat beradaptasi. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA