FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    31 12-2020

    2172

    Sekjen Kominfo: Dua Fokus Transformasi Digital

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo - Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, Mira Tayyiba mengatakan pembangunan infrastruktur untuk transformasi digital diarahkan untuk  mendorong inklusivitas dan empowering seluruh masyarakat Indonesia.

    "Bagaimana Kominfo menterjemahkan arahan Bapak Presiden, Beliau selalu mengatakan no one left behind, sehingga dua hal yang menjadi nafas dari transformasi digital adalah inklusivitas dan empowering," tegasnya  dalam sesi tanya jawab Konferensi Pers Virtual Implementasi Akselerasi Transformasi Digital dari Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Jakarta, Rabu (30/12/2020).  

    Oleh karena itu, menurut Sekjen Mira, konsentrasi pembangunan infrastruktur merupakan upaya untuk memanfaatkan secara optimal kehadiran teknologi digital.

    "Mengapa kami sangat konsentrasi di infrastruktur? Kita mengenal istilah digital paradoks, di satu sisi digital bisa membawa keuntungan bagi yang bisa memanfaatkan tapi juga bisa menimbulkan kerugian bagi yang tidak bisa memanfaatkan tidak bisa memanfaatkan itu bisa karena tidak ada akses atau tidak memiliki kemampuan literasi nya atau affordability," jelasnya.

    Menurut Sekjen Kementerian Kominfo, pemerintah berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur digital agar memungkinkan terjadinya inovasi dan transformasi.

    "Sebagaimana yang disampaikan bapak menteri sebelumnya kita memajukan 10 tahun bangunan infrastruktur dipercepat 10 tahun dengan harapan setelah dilakukan konektivitas ke seluruh Indonesia sehingga memungkinkan untuk terjadinya inovasi dan kemudian bertransformasi," jelasnya menegaskan gambaran besar bagi transformasi digital Indonesia. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura

    MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya

    Menkominfo Ingatkan Masyarakat Hormati Perbedaan Pilihan Politik

    Menkominfo mengajak seluruh komponen bangsa untuk turut menjaga perdamaian dan persatuan bangsa, khususnya ketika beraktivitas di ruang digi Selengkapnya

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA