FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 12-2020

    1275

    Ahli Patologi Roger Hodkinson Menyoal Covid-19, Awas Hoaks!

    Kategori Berita Kominfo | doni003

    Jakarta, Kominfo – Beredar hasil ulasan Ahli Patologi Dr. Roger Hodkinson. Konon ia mengaku sebagai mantan pimpinan Royal College of Physicians and Surgeons of Canada.

    Dalam konten yang berredari di jejaring media sosial, terdapat informasi yang menyebutkan bahwa Covid-19 adalah tipuan terbesar yagn menimpa publik yang tidak menaruh curiga. Hodkinson juga menyebutkan bahwa Covid-19 tidak lebih dari musim flu yang buruk.

    Dalam konten itu juga menyebutkan bahwa memakai masker dan menjga jarak sosial disebutnya tidak berguna dan juga mengkalim bahwa hasil test positif Covid-19 tidak berarti infeksi klinis.

    Hasil penelusuran Tim AIS Kementerian Komunikasi dan Informatika menemukan fakta klaim seputar Covid-19 yang disampaikan Dr. Roger Hodkinson tersebut adalah tidak benar.

    Dilansir dari laman situs Kompas.com, Hodkinson tidak penah duduk sebagai pimpinan Royal College of Physiscians and Surgeons of Canada. Klaimnya bahwa Covid-19 tidak lebih dari musim flu yang buruk, keliru .

    Selain itu, klaim bahwa masker dan jaga jarak tidak berguna dibantah WHO dan penelitian ilmiah.  Begitu juga klaimnya, bahwa hasil tes positif tidak berarti infeksi klinis pun disanggah pakar kesehatan.

    Berikut laporan isu hoaks dan disinformasi yang telah diidentifikasi oleh TIM AIS Kementerian Kominfo, Senin (21/12/2020):

    1. Narasi Covid-19 dari Ahli Patologi Roger Hodkinson
    2. Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran Dinonaktifkan
    3. Tanah Longsor di Desa Kapung Kabupaten Grobogan
    4. Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Ciamis
    5. Akun Facebook Mengatasnamakan Bupati Probolinggo Puput Tantriana Sari

    Berita Terkait

    Serpihan Logam dalam Makanan Bayi? Awas Hoaks!

    Video tersebut beredar dengan narasi bahwa makanan bayi tersebut mengandung logam. Selengkapnya

    Komputer Penyebar Konten Misinformasi Dinonaktifkan? Awas Hoaks!

    Tidak ditemukan pemberitaan dengan sumber kredibel mengenai penonaktifan komputer yang kerap menyebar konten antimainstream untuk mencegah s Selengkapnya

    Kontak Ponsel PLN Kota Depok? Awas Hoaks!

    PLN Unit Induk Distribusi Jawa Barat melalui akun Twitter resminya @pln_jabar, mengklarifikasi bahwa nomor pada Google Maps Kantor PLN Kota Selengkapnya

    Wabah Pneumonia Cina Varian Baru Covid-19, Awas Hoaks!

    Faktanya, klaim yang beredar tersebut tidak benar. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA