FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    15 12-2020

    1133

    Dua Pekan, Gelaran MOTS PPS Bitung Terbitkan 212 ISR

    Kategori Berita Kominfo | srii003

    Bitung, Kominfo – Hingga pekan kedua Desember 2020, Loket Layanan Maritime on the Spot (MOTS) Pelabuhan Perikanan Samudera (PPS) Bitung telah menerbitkan 212 Izin Stasiun Radio (ISR), baik efektif maupun nonefektif.

    “Tantangan ke depan, berdasarkan data dari PPS Bitung dan database SIMSDPPI, masih ada sekitar 550 kapal nelayan di atas 10 GT yang membutuhkan asistensi agar segera memiliki ISR. Ini tantangan bersama Balai Monitor dengan stakeholder terkait PPS Bitung, KSOP Bitung dan Disnav Bitung,” kata Kepala Balai Monitor Kelas II Manado Hermanto dalam acara evaluasi penyelenggaraan layanan MOTS 2020 di Ruang Rapat Kantor PPS Bitung, Selasa (15/12/2020).

    Hermanto menjelaskan evaluasi penyelenggaraan Layanan MOTS mutlak dilaksanakan untuk peningkatan layanan ISR Kapal Laut kepada para nelayan. Terutama peningkatan kemampuan para nelayan dan ABK. Balmon Kelas II Manado juga telah melakukan bimbingan teknis sertifikasi operator radio (SOR) dan mensertifikasi 86 Nelayan atau ABK.

    “Kedepan, harapannya adalah semua kapal memiliki ISR Kapal laut dan semua nelayan atau ABK memiliki keterampilan dalam mengoperasikan perangkat radio,” kata Hermanto.

    Bermodalkan ISR dan SOR, nelayan dapat melaut dengan aman dan gangguann frekuensi radio penerbangan dapat diminimalkan atau bahkan dihilangkan. Kepala Balmon Manado berharap dukungan dari para pihak agar dapat meningkatkan layanan perizinan bagi Kapal Nelayan.

    Kegiatan Evaluasi Layanan MOTS juga dihadiri mitra kerja Balmon Kelas II Manado, Hanny Rumopa selaku Plh PPS Bitung, Franklin Lohonawuan mewakili KSOP Kelas I Bitung, dan Detjee Silangen mewakili Distrik Navigasi Kelas I Biitung.

    Dalam sambutannya, Hanny Rumopa menyampaikan PPS Bitung siap mewndukung penyelenggaraan layanan MOTS. “Apalagi cara mengurus izinnya cepat, mudah dan gratis, tentunya ini sangat berguna dan membantu para nelayan,” katanya.

    Berita Terkait

    Kominfo akan Gelar Anugerah Media Center Daerah 2023

    AMC akan melibatkan petugas pengelola media center terpilih sebagai penerima penghargaan. Selengkapnya

    Jadi Kunci Pembangunan Smart City, Kominfo Dukung Pemda Ciptakan Inovasi

    Direktur LAIP Ditjen Aptika menjelaskan sesuai Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2019 penyelenggaraan smart city oleh pemerintah daera Selengkapnya

    Awas Hoaks Pendaftaran Penerima Dana Bansos Tahun 2021!

    Beredar informasi pemberian dana Bantuan Sosial (Bansos) tahun 2021 mengatasnamakan Pemerintah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Selengkapnya

    Gelar ToT MOTS, Kominfo Targetkan Sertifikasi bagi Nelayan

    Kementerian Komunikasi dan Informatika menggelar Training of Trainee (ToT) Perizinan Maritim guna meningkatkan pelaksanaan sosialisasi, eduk Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA