FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    21 11-2020

    1477

    [HOAKS] Tulisan JK Sebut Jokowi Sedang Diganggu Elite Politik dari Kekuasaan Orde Baru

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beredar di media sosial WhatsApp sebuah pesan berantai yang diklaim berasal dari mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Ia menyebut Jokowi sedang diganggu dan seolah menyalahkan pemerintahan terdahulu yang membuat Indonesia tertinggal.

    Faktanya, dilansir dari Medcom.id, klaim bahwa tulisan yang beredar tersebut berasal dari Jusuf Kalla yang menyebut Jokowi sedang diganggu dan menyalahkan pemerintah terdahulu adalah salah. Tulisan tersebut merupakan hoaks lama yang sudah beredar pada Desember 2017 dan telah dibantah pihak Istana Wapres.

    Dikutip dari Detik.com, Juru Bicara JK, Husain Abdullah mengatakan bahwa tulisan tersebut dipelintir dari pidato JK yang disampaikan pada simposium nasional bertema ekonomi yang digelar oleh MPR RI bulan Juli 2017. Dalam pidato saat itu, JK tidak menyalahkan siapa pun. JK hanya menggambarkan penyebab-penyebab keterlambatan Indonesia dibanding negara-negara di dunia.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.medcom.id/telusur/cek-fakta/nbwl396k-cek-fakta-beredar-tulisan-jk-sebut-jokowi-sedang-diganggu-elite-politik-dari-kekuasaan-orde-baru-cek-faktanya

    https://news.detik.com/berita/d-3791895/istana-wapres-bantah-tulisan-jk-yang-beredar-di-medsos?fbclid=IwAR2xz7a3I0SEzqZq5ITbiGHLHc9WR5sIkAfAfX6xu9IXKjLixTcc89-n1KM 

    https://www.detax.org/issue/_9o

    Berita Terkait

    [HOAKS] Bumi akan Gelap selama Tiga Hari Mulai dari 8 April 2024

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pendaftaran Pesta Poin Berhadiah dari Bank Kalimantan Selatan

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kondisi Kejiwaan Menhan Prabowo Subianto Terganggu karena Tertekan Suatu Masalah

    Selengkapnya

    [HOAKS] Mensos Risma Bongkar Dana Bansos Presiden Jokowi Sebesar Rp400 Triliun demi Kemenangan Prabowo-Gibran

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA