FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    06 11-2020

    2035

    BAKTI Kominfo Rebut Penghargaan Better Satellite World Awards VI

    Kategori Berita Kominfo | mth
    Menteri Kominfo Johnny G. Plate, didampingi Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur Josef Nae Soi, dan Bupati Manggarai Barat Agustinus Ch. Suka saat melakukan pengecekan perangkat Super WiFi, dihalaman Masjid Nurul Huda Gorontalo, Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Kamis (24/09/2020) - (antarafoto)

    Jakarta, Kominfo - Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika merebut penghargaan tahunan Better Satellite World Awards ke-6. Penghargaan itu diberikan kepada lembaga yang mengembangkan inovasi disruptif layanan telekomunikasi satelit untuk menjadikan dunia lebih sejahtera, lebih sehat, berpendidikan lebih baik, berkelanjutan, dan inklusif bagi umat manusia.

    BAKTI Kominfo memperoleh penghargaan kategori Honorable Mention atas penyediaan layanan internet untuk sekolah. Penghargaan yang diumumkan Kamis (05/11/2020) itu juga menyebutkan inovasi BAKTI Kominfo membangun infrastruktur telekomunikasi bagi pemerintah daerah di pelosok serta mendukung telemedicine, e-health dan layanan penanggulangan bencana.

    Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyatakan kerja BAKTI Kominfo bersama mitra ditujukan untuk meningkatkan rasio internetifikasi yang digunakan dalam mendukung layanan pendidikan, pemerintah desa dan kesehatan di daerah tertinggal, terdepan dan terluar atau 3T. "BAKTI Kominfo menyediakan infrastruktur digital guna meningkatkan rasio internetifikasi di wilayah 3T," tuturnya di Jakarta, Jumat (06/11/2020). 

    Menteri Johnny mengapresiasi perhatian lembaga dunia atas upaya pemerataan akses internet di Indonesia. "Ini mendapatkan perhatian lembaga dunia dan BLU Bakti Kominfo akan terus berkarya meningkatkan pemerataan sinyal 4G. Menjangkau yang tidak Terjangkau sinyal 4G," tandasnya.

    Baca juga: Sediakan "Free Bayar", Menkominfo: Kita Gunakan Beragam Teknologi Penuhi Akses Internet

    Pemilihan penerima penhargaan dilakukan juri internasional yang terdiri dari profesional dan pimpinan industri lintas sektor. Selain BAKTI Kominfo, Honorable Mention juga diberikan kepada Omanos Analytics atas inovasi dalam mengombinasikan data amatan bumi dan kompleksitas wilayh dalam kebutuhan akutabilitas kerisakan sosial dan lingkungan. Penghargaan itu menurut rencana akan diserahkan pada tanggal 7 Desember 2020. 

    Director of Development and Innovation Space & Satellite Professionals International, Louis Zacharilla menyatakan  ada tiga penghargaan Better Satellite World Award 2020 yang diberikan oleh SPPI. Pertama, Avanti Communications lewat Bidi Bidi Project yang menggunakan teknologi satelit di seluruh Afrika Sub-Sahara, Eropa, dan Timur Tengah. 

    Kedua, SATMED sebuah platform berbasis satelit e-Health milik Pemerintah Luksemburg yang menggabungkan perawatan medis, pendidikan, dan manajemen kesehatan dalam satu platform yang bisa diakses dari mana saja.

    Ketiga, SatSure AG yang merupakan startup aplikasi luar angkasa DeepTech yang menyediakan kecerdasan spasial untuk klien perbankan dan asuransi di seluruh dunia. "Ini adalah tiga transformasi penggunaan satelit di berbagai penjuru dunia yang membuat dunia menjadi lebih baik," tuturnya.

    SSPI merupakan organisasi yang ingin mempromosikan inovasi dan talenta industri luar angkasa dan satelit terbaik dunia. SSPI  juga mempromosikan nilai luar biasa dari ruang dan satelit melalui kisah-kisah dramatis perusahan dan teknologi yang membuat dunia menjadi lebih baik, termasuk memprediksi pertumbuhan ekonomi antariksa senilai USD 1 Triliun di masa depan.

    Berita Terkait

    Kominfo Akan Luncurkan Pembaruan e-Penyiaran

    Aplikasi e-Penyiaran akan terintegrasi dengan berbagai layanan seperti Online Single Submission (OSS), Sistem Informasi Manajemen Spektrun ( Selengkapnya

    Kominfo Musnahkan Hasil Penertiban Alat dan Perangkat Telekomunikasi

    Tujuan pemusnahan barang untuk memberi kepastian hukum. Selengkapnya

    Kominfo Tuntaskan Refarming Pita Frekuensi Radio 2,1 GHz

    Kominfo dan operator seluler menuntaskan penataan atau refarming pita spektrum frekuensi radio 2,1 GHz. Selengkapnya

    [Berita Foto] Kominfo Terima Penghargaan TMA 2022

    TMA 2022 merupakanacara penghargaan untuk kementerian dengan kinerja inspiratif dalam pengelolaan komunikasi publik dan kehumasan. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA