FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    22 10-2020

    1803

    Sertijab, Rosarita Niken Apresiasi Kinerja Jajaran Kesekjenan

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Jakarta, Kominfo – Sekretaris Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika Rosarita Niken Widiastuti resmi mengakhiri masa jabatan dengan menyerahkan memori jabatan kepada Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen Kementerian Kominfo, Ismail. Rosarita Niken mengapresiasi kerja keras seluruh jajaran Kesekjenan dalam enam satuan kerja yakni; Pusat Kerjasama Internasional, Pusat Data dan Sarana Informatika, Biro Perencanaan, Biro Hukum, Biro Keuangan, Biro Hubungan Masyarakat, Biro Kepegawaian dan Organisasi, Biro Umum serta Sekretariat Dewan Pers, Komisi Penyiaran Indonesia dan Komisi Informasi. 

    “Sudah cukup banyak perubahan signifikan yang terjadi selama 2 tahun ini di masa kepemimpinan saya dan ini merupakan hasil kerja keras bersama. Saya apresiasi kinerja dari teman-teman, seperti contoh, humas yang sebelumnya mengadakan Konferensi Pers (Konpers) sebulan 2-3 kali untuk memberitakan program kerja dan capaian Kominfo, sekarang bisa hampir setiap hari,” ungkapnya ketika memberi sambutan serah terima jabatan baru dengan Plt. Sekjen Ismail, di Ops Room Kementerian Kominfo, Jakarta, Kamis (22/10/2020).

    Rosarita Niken secara khusus mengapresiasi kinerja tugas dari PUSKI yang telah mengawal kerjasama-kerjasama internasional Kominfo di berbagai forum.  “Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) yang ikut aktif bekerjasama dalam menegakkan siaran yang bukan provokasi, betul-betul siaran yang sehat. Untuk satker lainnya di bawah kesekjenan, saya berterima kasih atas kerjasama yang baik dengan teman-teman semua,” tuturnya.

    Demikian pula dengan performa dari PDSI yang setiap saat dituntut untuk menyiapkan akses internet yang bagus, tapi kini dapat berkontribusi juga membuat aplikasi-aplikasi bersama Biro Keuangan yang mungkin saja jika dalam kondisi biasa butuh waktu satu tahun terkait dengan aplikasi realisasi anggaran.

    “Biro Kepegawaian juga telah bekerja luar biasa karena harus menangani seleksi untuk dua pimpinan tinggi madya, dan 18 pimpinan tinggi pratama, serta Dewan Pengawas RRI,” paparnya.

    Niken mengungkapkan, selama bekerjasama dengan dirinya, tak sekalipun jajarannya pernah mengeluh dan menunjukkan beratnya beban. Selalu tetap ceria, kompak, dan kekeluargaan. Hal inilah yang akan selalu ia kenang.

    “Saya berterima kasih atas kerjasama yang baik selama ini, tak lupa saya memohon maaf kepada apabila selama ini ada tindakan maupun kata-kata yang kurang berkenan. Tentu kita sebagai manusia tidak luput dari kesalahan,” ucapnya.

    Serah terima jabatan dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat dan dihadiri perwakilan dari masing-masing satuan kerja.

     

    Terus Berbenah

    Niken mengharapkan jajaran Kesekjenan terus berbenah untuk meningkatkan kualitas dan mutu kerja dalam menyelenggarakan koordinasi pelaksanaan tugas, serta pembinaan dan pemberian dukungan administrasi kepada seluruh unit organisasi di lingkungan Kominfo. 

    Niken menjelaskan, dalam melaksanakan tugasnya, Kesekjenan Kominfo menyelenggarakan fungsi koordinasi kegiatan, penyusunan rencana, program, anggaran , melakukan pembinaan dan pemberian dukungan administrasi yang meliputi ketatausahaan, kepegawaian, keuangan, kerumahtanggaan, kerja sama, hubungan masyarakat, arsip, dan dokumentasi di lingkup internal Kementerian Komunikasi dan Informatika berdasarkan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 6 Tahun 2018.

    “Juga terkait pembinaan, penataan organisasi, tata laksana, pengelolaan BMN; koordinasi dan penyusunan peraturan perundangundangan, serta fungsi lain yang diberikan oleh Menteri Kominfo,” jelasnya.

    Menyoal anggaran komunikasi publik yang sebelumnya berada di Ditjen IKP, kini sebagian diserahkan pada kesekjenan, Niken berharap nantinya Plt Sekjen Kominfo Ismail dapat menanyakan kepada Menteri BUMN untuk anggaran yang sama di tahun depan itu akan seperti apa.

    “Jadi, ex officio Sekjen itu adalah penanggung jawab dari PMO KPC PEN Kominfo untuk komunikasi publik, nilainya sekitar Rp318 miliar. Karena, tim PMO ini kan banyak bekerja dari luar dan telah mendedikasikan waktu secara serius. Saya yakin tentu Pak Ismail sudah berpengalaman sebagai eselon I maupun sebagai Sekjen,” tandasnya.

    Hadir dalam acara Kepala Biro Perencanaan Arifin Saleh Lubis, Kepala Biro Keuangan Bambang Sigit Nugroho, Kepala Biro Organisasi dan Kepegawaian Cecep Ahmad Feisal, Kepala Biro Hukum Bertiana Sari, Plt. Kepala Biro Humas Ferdinandus Setu, dan Sekretaris Dewan Pers Saepudin. (hm.ys)

    Berita Terkait

    Menjaga Netralitas ASEAN Lewat Konsolidasi Inter dan Antarpilar

    Indonesia memegang kembali keketuaan ASEAN pada 2023, setelah pada tahun sebelumnya dipegang oleh Kamboja. Selengkapnya

    Menteri Johnny Dorong Indonesia-Ukraina Kerja Sama Pertukaran Pelajar

    Menkominfo mendorong berbagai potensi kerja sama yang memberikan manfaat bagi kedua negara segera ditindaklanjuti. Selengkapnya

    Sosialisasi Tertib Frekuensi, Amankan Navigasi Penerbangan

    Sosialisasi itu ditujukan untuk menimalkan gangguan frekuensi radio, khususnya navigasi penerbangan. Selengkapnya

    Jerman Apresiasi Kerja Keras Menkominfo RI Selenggarakan DEMM

    Menurut State Secretary at the Federal Ministry for Digital and Transport Jerman, usaha keras yang ditunjukkan oleh Menkominfo beserta jajar Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA