FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    17 09-2020

    4549

    Kominfo: Melek Digital Syarat Masuki Revolusi Industri 4.0

    Kategori Berita Kominfo | Irso

    Jakarta, Kominfo – Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika, Basuki Yusuf Iskandar mendorong generus muda Indonesia untuk melek digital.

    Di era transformasi digital, menurut Kepala Badan Litbang SDM, melek digital menjadi syarat utama dalam memasuki era revolusi industri 4.0.

    “Kita sekarang dalam era transformasi digital dan mau gak mau kita harus masuk ke era transformasi digital ini harus sukses. Karena apa? Itu menjadi syarat bagi kita untuk bisa memasuki revolusi industri 4.0,” ujarnya dalam webinar nasional bertajuk Menjadi Pribadi Komunikatif, Jakarta, Kamis (17/09/2020).

    Basuki Yusuf Iskandar menjelaskan  revolusi industri 4.0 merupakan suatu perubahan yang dinamis, cepat dan harus diikuti perkembangannya yang semestinya juga dengan perubahan yang sangat cepat pula. 

    “Jangan sampai nanti ini sifatnya revolusi kita sikapi dengan cara yang pelan-pelan atau cara evolusi. Ini saya kira bukannya lagi dengan cara evolusi. Saat ini kita harus mendorong generasi ini untuk suatu gerakan seperti percepatan akselerasi proses transformasi digital, ini yang kita siap memasuki industri 4.0,” jelasnya.

    Hikmah Pandemi

    Menurut Kepala Badan Litbang SDM, pandemi Covid-19 telah mengancam hampir semua sektor kehidupan manusia. Namun ada hikmah dibalik pandemi ini yaitu kemampuan akselerasi interaksi digital. Salah satu yang dirasakan adalah hubungan komunikasi secara daring.

    “Sekarang gak asing lagi setiap keluarga melakukan komunikasi melalui zoom atau apapun secara virtual. Saya kira ini loncatan yang saya katakan cukup tajam terhadap literasi digital kita, sehingga ada hikmah yang diambil bagi kita dari segi transformasi digital,” ujarnya.

    Disamping itu, Basuki Yusuf Iskandar mengingatkan kepada generasi muda Indonesia bahwa revolusi industri 4.0 juga akan terjadi suatu ketidakpastian atau resiko yang lebih tinggi. Oleh karena itu, menurutnya perlu kerja sama dan kolaborasi antar elemen masyarakat.

    “Sangat penting untuk kita mendidik anak-anak bekerja secara team work, secara kerja sama. Karena itu akan menentukan soft skill, sifat dasar yang sangat diperlukan dalam industri 4.0,” ujarnya

    Berkaitan dengan upaya transformasi digital, Kementerian Kominfo dinilai memiliki peran penting. Dari sisi fungsi Kementerian Kominfo, Kepala Balitbang SDM menyebut ada tiga aspek teknologi yang akan menguasai di era revolusi industri 4.0 yakni Physical, Digital, dan Biological.

    “Nah, tugas Kementerian Kominfo yang dikepalai Pak Johnny G. Plate memang sangat strategis, karena yang bertugas untuk menghela negeri ini kedepan  tentang digitalisasi salah satunya adalah kominfo, sehingga fungsi Komifo menjadi sangat strategis,” papar Kepala Badan Litbang SDM.

    Webinar Nasional tersebut diselenggarakan Dharma Wanita Persada (DWP) Kementerian Kominfo. Selain Kepala Balitbang SDM, hadir Penasihat DWP Kominfo Maria Anna Johhny G. Plate dan Kabid Pendidikan DWP Kominfo Herawati Widodo

    Berita Terkait

    Kominfo Tingkatkan Literasi Digital untuk Tangkal Hoaks Pemilu 2024

    Lewat literasi digital, semua elemen bangsa memiliki wawasan digital yang mumpuni dan mampu menangkal konten hoaks. Selengkapnya

    Kominfo Mulai Feasibility Study Open RAN di Indonesia

    Keberadaan Open RAN ini diharapkan dapat meningkatkan efisiensi CAPEX dan OPEX pada penggelaran jaringan serta menjadi salah satu opsi dalam Selengkapnya

    Kominfo Terima Anugerah Keterbukaan Informasi Publik 2023

    Kementerian Kominfo mendapatkan penghargaan sesuai Hasil Monitoring dan Evaluasi Keterbukaan Informasi Publik oleh Komisi Informasi Pusat. Selengkapnya

    Menkominfo Akan Kunjungi Pemancar Digital TVRI Transmisi Alasmalang

    Pemancar Digital TVRI Stasiun Alas Malang merupakan salah satu dari 13 Satuan Transmisi TVRI Jawa Timur. Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA