FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    28 08-2020

    1316

    Gelar Bimtek SOR Nelayan dan ABK, Komitmen Berikan Layanan Prima

    Kategori Berita Kominfo | Yusuf

    Bitung, Kominfo - Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen memberikan layanan prima kepada para pengguna frekuensi radio, termasuk nelayan. Balai Monitor Spektrum Frekuensi Radio (SFR) Kelas II Manado Ditjen Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo menyelenggarakan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis Sertifikasi Operator Radio (SOR) untuk Nelayan dan Anak Buah Kapal (ABK).

    "Tahun ini, disediakan SOR yang berlaku nasional untuk jarak jangkau dekat dan jauh (SRC/LRC). Tujuannya adalah agar kita semua dapat berkomunikasi dengan baik dan benar dilaut khususnya pada saat terjadi marabahaya. Komunikasi yang baik dan benar memiliki manfaat bagi para nelayan dan melindungi masyarakat lain khususnya pengguna frekuensi penerbangan,” kata Direktur Operasi Sumber Daya Ditjen SDPPI Dwi Handoko di Bitung, Kamis (27/08/2020).

    Setelah mengikuti Bimbingan Teknis SOR, Kementerian Kominfo mengharapkan peserta memiliki dua kemampuan, yaitu berkomunikasi dan pemahaman pentingnya menggunakan perangkat radio yang memenuhi standar marine. “Peserta juga akan mendapatkan sertifikat LRC/SRC secara Gratis,” tambah Dwi Handoko.

    Sementara itu, Kepala Balai Monitor SFR Manado Hermanto menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud komitmen layanan Balmon Manado, khususnya kepada nelayan dan industri perikanan. Semasa Pandemi Covid-19 ini, perikanan merupakan sektor yang masih dapat bergerak dengan normal.

    “Layanan maksimal terhadap perizinan frekuensi radio untuk kapal dan SOR nelayan diharapkan dapat memberikan dampak positif dan mengurangi gangguan frekuensi penerbangan yang diakibatkan oleh para nelayan,” katanya.

    Kegiatan Sosialisasi dan Bimtek SOR yang diikuti 48 peserta itu tetap mengedepankan Protokol Kesehatan Pencegahan Penyebaran Covid-19. Materi yang disampaikan adalah pengetahuan berkaitan Tugas dan Fungsi Balai Monitor, Peraturan Radio dan Tata Cara Berkomunikasi yang Baik dan Benar di Laut.

    Berita Terkait

    Tingkatkan Kecakapan Nelayan dan ABK Lewat Bimtek SOR

    Komunikasi yang baik dan benar memiliki manfaat bagi para nelayan dan melindungi pengguna frekuensi lain dari kemungkinan terjadi interferen Selengkapnya

    Strategi ASEAN Jadi Acuan Kawasan Amerika Latin hingga Afrika

    Strategi ASEAN itu dalam istilah geopolitik disebut pragmatisme yang positif, yakni menyimbangkan hubungan di antara dua kekuatan ekonomi da Selengkapnya

    Sekjen: Manfaatkan Teknologi untuk Berikan Pelayanan Publik Prima

    Sivitas Kementerian Kominfo harus memanfaatkan teknologi digital dengan optimal agar dapat membantu meningkatkan efisiensi, produktivitas, d Selengkapnya

    Gelar Wayang Santri, Kominfo Ajak Masyarakat Waspadai DBD

    Peningkatan kewaspadaan masyarakat tersebut penting karena data Kementerian Kesehatan menyebutkan jumlah kasus DBD pada 2022 mencapai 131.26 Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA