FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    14 08-2020

    1282

    [HOAKS] Penyakit Legionnaires Dapat Tertular dari Masker

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Baru-baru ini kabar seputar penyakit Legionnaires yakni penyakit pernapasan yang menyebabkan pneumonia berat dan seringkali mematikan jika tidak mendapat perawatan segera menjadi topik pembicaraan sejumlah netizen di media sosial. Penyakit itu disebut-sebut bisa tertular dari masker yang biasa digunakan untuk melindungi diri dari Covid-19. Kabar tersebut bermula dari pengakuan seseorang yang diunggah di Facebook bahwa istrinya yang semula diduga terjangkit Covid-19 akhirnya didiagnosis terkena penyakit Legionnaires karena memakai masker yang sama berulang-ulang. 

    Faktanya, klaim penyakit Legionnaires dapat tertular dari masker adalah tidak benar. Menurut Legionella, sebuah Organisasi Nirlaba yang menyediakan informasi dan melakukan penelitian terhadap penyakit ini, Legionnaires tidak menyebar dari orang ke orang dan juga tidak tertular dari masker. Orang bisa terinfeksi penyakit ini melalui tetesan air inhalasi atau kabut yang membawa bakteri Legionella pneumophila. Penyakit Legionnaires dapat menyebabkan wabah besar melalui droplet yang terkontaminasi dari berbagai sumber seperti pancuran, keran, sistem pendingin udara, kolam spa, kolam air panas, dan air mancur. Bangunan yang lama tidak ditinggali atau lama tidak digunakan dapat memungkinkan bakteri berkembang biak dan akhirnya mencemari sistem air.

    KATEGORI: HOAKS

    Link Counter:

    https://www.snopes.com/fact-check/face-masks-legionnaires-disease/

    https://www.reuters.com/article/uk-factcheck-legionnaires/fact-check-you-cant-catch-legionnaires-disease-by-wearing-a-face-mask-idUSKCN25128Y?

    https://www.medicaldaily.com/another-deadly-respiratory-disease-potentially-came-out-during-covid-19-453805

    Berita Terkait

    [HOAKS] Gambar Pesawat Jatuh di Perairan Nagekeo, Provinsi Nusa Tenggara Timur

    Selengkapnya

    [HOAKS] Kota Sabang Diguncang Gempa, Ribuan Warga Sekarat

    Selengkapnya

    [HOAKS] Video Erupsi Gunung Merapi pada 18 April

    Selengkapnya

    [HOAKS] Pemberian Giveaway Uang Puluhan Juta oleh Inul Daratista

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA