FAQ  /  Tautan  /  Peta Situs
    07 08-2020

    2196

    [DISINFORMASI] Foto Suasana saat Pandemi Flu Spanyol 1918

    Kategori Hoaks | mth

    Penjelasan :

    Beberapa foto yang diklaim menggambarkan suasana saat pandemi flu Spanyol beredar di sejumlah platform media sosial. Disebutkan bahwa jauh sebelum pandemi Covid-19 melanda, telah terjadi pandemi flu Spanyol di tahun 1918 yang menewaskan setidaknya lima puluh juta orang di seluruh dunia.

    Faktanya, beberapa foto yang diklaim menggambarkan suasana saat pandemi flu Spanyol 1918 tidak sepenuhnya benar. Sebagian dari foto-foto tersebut tidak menggambarkan situasi pandemi flu Spanyol pada tahun 1918. Gambar dua wanita yang tengah memakai masker dan berjalan ternyata diambil lima tahun sebelum wabah flu Spanyol. Juru bicara agensi foto Jerman Süddeutsche Zeitung Photo mengatakan foto itu menunjukkan mode "cadar hidung" pada tahun 1913. Selain itu, foto sepasang wanita yang menutupi kepala dan badannya dengan plastik diambil pada tahun 1953. Saat itu plastik digunakan sebagai mantel guna menghindari efek menyengat dari kabut asap yang menyelimuti Philadelphia selama dua hari berturut-turut sejak 20 November 1953.

    KATEGORI: DISINFORMASI

    Link Counter:

    https://factcheck.afp.com/not-all-images-are-related-global-influenza-outbreak-century-ago

    https://www.liputan6.com/cek-fakta/read/4324534/cek-fakta-beredar-foto-foto-suasana-saat-pandemi-flu-spanyol-1918-benarkah

    Berita Terkait

    [HOAKS] Menhan Prabowo Subianto Tidak Hafal Pancasila

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Google Tampilkan Hasil Elektabilitas Pemilu 2024

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Warga Solo Tolak Kedatangan Prabowo dan Gibran

    Selengkapnya

    [DISINFORMASI] Presiden Joko Widodo Pecat Ketua MK Anwar Usman

    Selengkapnya

    SOROTAN MEDIA