Sekjen Kominfo Serahkan Naskah Kerja Sama Transformasi Digital Indonesia - Singapura
MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya
Jakarta, Indonesia - Sebagai salah satu startup digital terbesar di Asia Tenggara, Super App Gojek menilai karakter masyarakat Indonesia menandakan Indonesia sudah siap untuk memasuki era transformasi digital.
“Karakter dari pada masyarakat Indonesia dari angka-angka yang kita dapatkan, memang sudah menandakan bahwa Indonesia itu sudah siap memasuki era transformasi digital,” kata Vice President of Public Policy & Government Relations Gojek, Tricia Istiara Iskandar dalam Webinar Mendorong Akselerasi Transformasi Digital dari Ruang Serbaguna Kantor Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jakarta, Selasa (21/07/2020).
Menurut Tricia salah satu tanda kesiapan Indonesia memasuki transformasi digital adalah pengguna aktif internet sebanyak 175,4 juta dari total populasi 272,1 juta jiwa. Sedangkan di internal Gojek sendiri memiliki lebih dari 500 ribu mitra merchane, 96 persen diantaranya adalah pelaku UMKM.
Selain itu, aplikasi Gojek telah didownload lebih dari 170 juta yang beroperasi di 215 kota di Asia Tenggara. Oleh karena itu, menurutnya masih banyak lagi karakter masyarakat yang secara langsung menandakan kesiapan Indonesia memasuki transformasi digital., terutama di saat pandemi Covid-19.
“Dari data yang kita dapatkan, memang produk-produk kita seperti Go-Send selama bulan Ramadan itu bisa naik sekitar 103% karena adanya keterbatasan untuk keluar jadi menggunakan produk kita,” jelas Tricia.
Peningkatan digital activities menurut Tricia juga berkat dukungan infrastruktur ICT dan dukungan jaringan internet dari Kementerian Kominfo sehingga selama pandemi Covid-19, layanan digital lainnya juga meningkat.
“Event online pun jadi meningkat menjadi 32 kali, mungkin dulunya sedikit sekali Webinar seperti ini tetapi sekarang masyarakat bisa mengupload sendiri event online-nya untuk mempromosikan webinar-nya,” ujarnya.
Menurut Tricia, layanan lain seperti donasi melalui Gopay meningkat dua kali lipat, pembelian obat di GoMed juga meningkat 103 dan transaksi GoFood naik tiga kali lipat. Peningkatan tersebut menurut Gojek tidak hanya untuk membantu UMKM, tetapi juga menandakan kesiapan Indonesia menuju transformasi digital.
MoU Kerja Sama Transformasi Digital ini mencakup lingkup data, infrastruktur digital, talenta digital hingga startup digital Selengkapnya
Wamenkominfo akan berbincang dengan sivitas STMM Yogyakarta mengenai transformasi digital yang mencakup tangan dan antisipasi perubahan indu Selengkapnya
Pemerintah juga berupaya melakukan peningkatan kecakapan digital masyarakat untuk pemanfaatan ruang digital dan teknologi. Selengkapnya
Pemerintah Indonesia terus mengakselerasi agenda transformasi digital nasional, termasuk memperkuat konektivitas digital, khususnya melalui Selengkapnya